Kamis, 05 Juni 2014

Program Studi Agroteknologi Faperta Uninus



Agroteknologi merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mempelajari cara-cara pengelolaan sumber daya lahan dan sumber daya hayati untuk produksi pangan, pakan, dan bahan sandang guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Di dalam ekosistem mahluk hidup, tumbuhan merupakan penyedia bahan pangan/pakan yang utama.

Pogram studi Agroteknologi Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Nusantara (Uninus) yang telah berpengalaman menyelenggarakan program sarjana sejak 1982, terakreditasi BAN-PT, memiliki alumni yang tersebar diberbagai instansi pemerintah dan badan-badan usaha swasta, kini tengah mempersiapkan diri untuk memasuki pasar global dengan perangkat “Pendidikan Berteknologi Komputasi dan Kurikulum Berbasis Kompetensi” dalam menjawab kebutuhan masyarakat untuk memperoleh pendidikan berkualitas.

Program Studi Agroteknologi Faperta Uninus mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan metode pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student-centred learning/SCL) guna memberikan bekal kompetensi hard- dan soft-skills. Dengan metode pembelajaran ini mahasiswa secara aktif dan mandiri menggali potensi dirinya sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis, mencari alternatif pemecahan masalah terkait dan mencapai kompetensi yang diharapkan untuk dunia kerja/industri, masyarakat dan bangsa.

Hal lain yang menjadi satu ciri khas dari Program Studi Agroteknologi Faperta Uninus adalah selain penanaman ilmu, pengetahuan dan teknologi dalam bidang pertanian, mahasiswa diajarkan pula nilai-nilai Islami sesuai ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja). Sehingga mahasiswa tidak hanya mendapatkan disiplin ilmu pertanian namun juga mendapatkan nilai-nilai agama yang berguna dalam kehidupan bermasyarakat.

Konsentrasi yang ditawarkan adalah :
1.    Budidaya Tanaman (Agronomi)
2.    Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman (Proteksi Tanaman)


Lama program studi adalah 4 tahun yakni 8 semester. Gelar yang diperoleh oleh para lulusan adalah Sarjana Pertanian (S.P.).